BAHASA INDONESIA: PRA QUIZ


Mata Kuliah      :  Bahasa Indonesia                               
Dosen               :  Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
Nama               :  Eva Dianita 
NIM                 :  41032151111040
Tanggal            :  11 April 2012

BAGIAN A
 
Petunjuk
  1. Kerjakanlah soal di bawah ini dengan cara menghitamkan huruf B jika pernyataan yang terdapat dalam soal, Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah. Contoh jika jawaban betul: ( B-S ).
  2. Jawaban ditulis langsung pada lembar soal ini. Untuk ini silakan dikopi paste terlebih dahulu.
  3. Pengetikan soal ini belum tertata rapi maka rapikanlah dalam blog Anda.
SOAL
  1. Tujuan utama perkuliahan Bahasa Indonesia adalah untuk menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan ( B-S ).
  2. Salah satu upaya menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa adalah dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B-S ).
  3. Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggung jawab dan sikapnya terhadap  bahasa Indonesia ( B-S ).
  4. Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia (B-S).
  5. Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum-forum resmi, merupakan wujud tanggung jawab seseorang terhadap bahasanya ( B – S  ).
  6. Menurut Mansoer Pateda, tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( B – S  ).
  7. Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan (B-S).
  8. Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal (B-S).
  9. Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang  digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( B – S ).
  10. Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik (B-S).
  11. Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah  bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa (B-S).
  12. Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif (B-S).
  13. Kalimat yang ambigu termasuk salah satu contoh kalimat efektif ( B-S )
  14. Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B-S ).
  15. Penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat serta ketepatan diksi dan ejaannya (B-S).
BAGIAN B
Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar
karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.
SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh
kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.
1.  Setujukan Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait  ini dalam satu paragraf.
    Jawab : 
            Setuju, karena bahasa merupakan identitas suatu bangsa, bahasa memiliki kedudukan, fungsi dan peranan yang sangat penting dalam suatu bangsa. Bahasa Indonesia harus selalu dibina dan dikembangkan, karena kemajuan bahasa sangat berpengaruh pada bahasa yang merupakan ciri suatu bangsa tersebut. Apabila bahasa tidak dibina dan dikembangkan dengan baik, suatu bangsa akan sulit berkembang, karena bahasa merupakan salah satu untuk sarana mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam suatu bangsa, dengan majunya bahasa maka perkembangan suatu bangsapun akan lebih baik.
2. Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing-masingnya dengan singkat.
    Jawab :
  1. Selalu berhati-hati menggunakan bahasa. Seorang pengguna bahasa yang memiliki Kesadaran Berbahasa akan  berhati-hati dalam menggunakan bahasa Indonesia, tidak sembarangan berbicara karena bahasa harus digunakan dengan baik dan benar.
  2. Tidak merasa senang melihat orang yang mempergunakan bahasa secara serampangan. Seseorang yang memiliki Kesadaran Berbahasa, akan merasa tidak senang apabila bahasa nasionalnya digunakan secara serampangan.
  3. Memperingatkan pemakai bahasa kalau ternyata ia membuat kekeliruan. Seseorang pengguna bahasa yang memiliki Kesadaran Berbahasa akan memperingatkan dan memberitahukan tentang kesalahan berbahasa seorang pemakai bahasa, dan menjelaskan bagaimana seharusnya ia menggunakan bahasa tersebut.
  4. Tertarik perhatiannya kalau orang menjelaskan hal yang berhubungan dengan bahasa. Seorang yang memiliki ciri Kesadaran Berbahasa akan selalu tertarik dalam hal berbahasa, baik dalam mempelajari, menjelaskan maupun menggunakan bahasa tersebut
  5. Dapat mengoreksi pemakai bahasa lain. Seorang yang memiliki Kesadaran Bahasa pasti mampu mengoreksi pemakai bahasa lain apabila ia melakukan kekeliruan dalam penggunaan bahasa.
  6. Berusaha menambah pengetahuan tentang bahasa tersebut. Seseorang yang memiliki kesadaran berbahasa pasti akan senang dalam belajar bahasa, maka ia akan berusaha mencari informasi dan mempelajari pengetahuan tentang bahasa.
  7. Bertanya kepada ahlinya kalau menghadapi persoalan bahas. Apabila seseorang yang memiliki Kesadaran Berbahasa menemukan persoalan mengenai bahasa, maka ia akan bertanya kepada ahlinya sehingga persoalan tersebut dapat terselesaikan
3. Sudahkah Anda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.
    Jawab : 
             Belum, karena saya menyadari bahwa saya belum memiliki ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Saya selalu bersikap acuh dan menganggap sepele bahasa, setelah saya belajar dan mencari informasi melalui mata kuliah Bahasa Indonesia, saya menyadari bahwa keterampilan berbahasa saya masih kurang dan perlu banyak pembelajaran. Maka dari itu, saya harus banyak mempelajari bahasa sehingga kemampuan berbahasa saya menjadi lebih baik, apalagi setelah saya tahu bahwa maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri.
4.  Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anda? Jelaskanlah.
     Jawab : 
             Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa yaitu dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu menyimak , berbicara, membaca , dan menulis. Dari keempat aspek tersebut, kita dapat mengembangkan keterampilan dalam berbahasa, oleh karena itu kita harus mengembangkan potensi diri melalui :
  • belajar menyimak dengan pemahaman yang baik
  • belajar berbicara sesuai dengan bahasa yang baik dan benar, dapat dilatih dengan cara membiasakan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam kehidupan sehari-hari baik dalam forum formal maupun informal.
  • membaca, melatih keterampilan berbahasa dengan banyak membaca, memahami dan mengerti isi bacaan yang kita baca, maka selain menambah pengetahuan, secara tidak langsung membaca juga dapat mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  • menulis, dengan menulis kita dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dengan cara berlatih dan banyak menulis. Karena menulis merupakan kegiatan yang memunculkan inspirasi, menciptakan ide-ide baru dan membuat kita berfikir secara santai. Berlatih menulis tidak harus selalu dengan membuat sebuah tulisan ilmiah, tetapi dapat dengan cara mencurahkan pikiran dan isi hati ke dalam tulisan, sehingga nantinya kemampuan menulis kita terasah sedikit demi sedikit.

Comments