EVA DIANITA
41032151111040
FKIP MATEMATIKA
GURU YANG BAIK DAN GURU YANG HEBAT: Apakah bedanya?
Pertanyaan yang tertuang dalam judul di atas antara lain dapat dijawab dengan memanfaatkan pandangan Mendikbud RI, Muh. Nuh yang disitir oleh Boy Yendra Tamin ( dalam http:// boyyendratamin.blogspot.com/2011/11/pendidik-profesional- antara-harapan-dan.html ). Menurut Nuh, “Guru yang baik akan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, tetapi guru yang hebat adalah guru yang mampu menginspirasi dan memotivasi muridnya, sehingga mampu berbuat sesuatu yang baik dengan kemampuannya sendiri“.
---
TUGAS INDIVIDUAL ( untuk peserta perkuliahan Pembelajaran Menulis )
Pahamilah pernyataan Mendikbud itu, kemudian bacalah kelanjutan uraiannya dalam situs yang ditunjuk. Walau wacana itu sudah agak lama, sangat mungkin Anda belum sempat membacanya sampai tuntas, bukan? Usai membacanya, jawablah soal berikut berdasarkan pemahaman Anda terhadap isi wacana tersebut.
SOAL
1)
Identifikasilah
a) ciri-ciri guru yang baik;
Jawab :
- Memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik sebagai seorang guru
- Memiliki pengetahuan yang dalam dan luas di bidangnya.
- Melakukan tugasnya sebaik mungkin, dengan menjelasan setiap materi pelajaran secara rinci dengan intonasi yang tepat dan jelas, sehingga setiap materi mudah diserap sampai siswa benar-benar paham.
- Mendorong siswa untuk terus mengembangkan potensinya.
- Disiplin, dan mampu menanamkan kedisiplinan sehingga siswa memiliki perilaku yang positif
b) ciri-ciri guru yang hebat.
Jawab :
- Memiliki banyak metoda pembelajaran, dan mengusai berbagai media pembelajaran
- Menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan.
- Kreatif dan inofatif ketika mengajar, menjelaskan dengan sebaik mungkin tanpa membuat siswa jenuh.
- Mampu menjadi inspirasi bagi siswa, menumbuhkan pola pikir yang lebih baik.
- Mampu menjadi motivator bagi siswa, menumbuhkan semangat dan antusiasme siswa dalam belajar.
- Bisa menjadi sosok sahabat bagi siswa, menjalin komunikasi yang lebih hangat dan terbuka sehingga siswa tidak merasa canggung ketika melakukan interaksi dalam proses belajar mengajar
2. Jika diwajibkan memilih, apakah Anda akan
berupaya untuk menjadi
"guru yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"? Mengapa
demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
"guru yang baik" ataukah ingin menjadi "guru yang hebat"? Mengapa
demikian? Tulislah minimal tiga alasan yang mendasari pilihan Anda itu.
Jawab
:
Jika saya menjadi
seorang guru nantinya, saya ingin menjadi guru yang baik dan juga hebat.
Alasannya :
- Sebagai seorang guru tentunya harus mampu melaksanakan tugasnya sebaik mungkin demi kelancaran pendidikan siswa, maka jelas seorang guru haruslah bekerja dengan baik dan hebat.
- Agar materi pelajaran tersampaikan dengan baik, sehingga siswa benar-benar paham dengan segala materi pelajaran yang diberikan.
- Agar bisa menjadi inspirasi bagi siswa,karena inspirasi dari seorang guru secara tidak langsung mampu mengubah pola pikir siswa ke arah yang lebih baik.
- Agar kepekaan siswa akan pengetahuan yang belum dipahaminya dapat terasah. Yaitu dengan menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan kondusif, serta menciptakan interaksi yang hangat bagi siswa. Sehingga mereka aktif dan terbuka dalam proses belajar mengajar.
- Menjadi motivator, untuk membangun semangat siswa dalam proses belajar mengajar yang lebih kreatif dan progresif.
- Supaya mampu menciptakan generasi baru yang lebih cerdas, terampil, kreatif dan inovatif.
3. Bagaimanakah
profil ideal guru Bahasa Indonesia di era globalisasi ini?
Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Jelaskanlah menurut sudut pandang Anda masing-masing.
Dalam era globalisasi
pengetahuan dan tekhnologi semakin berkembang, pendidikan merupakan hal yang
sangat penting dalam menunjang keberlangsungan kehidupan seluruh masyarakat di
muka bumi. Dalam keberlangsungan pendidikan tersebut, tentunya dibutuhkan
tenaga pendidik yang profesional. Tenaga pendidik yang profesional adalah ia
yang menguasai keterampilan dan kompetensi sebagai seorang guru. Proses belajar
mengajar dalam dunia pendidikan di era globalisasi ini harus lebih baik dari pada
sebelumnya karena pengetahuan dan tekhnologi yang semakin berkembang pesat.
Idealnya, seorang guru
bahasa Indonesia selain harus menguasai keterampilan dan kompetensi guru juga
harus benar-benar menguasai pengetahuan dalam bidang bahasa. Harus terus
memantau perkembangan bahasa dan mengembangkan kemampuannya, menjadi seorang
pendidik yang mampu menciptakan semangat belajar, menciptaan hal-hal baru yang
lebih menarik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Seorang guru bahasa
Indonesia harus mencintai bahasa dan pekerjaannya, menumbuhkan kecintaan akan
bahasa kepada para siswanya dan terus melatih kemampuan berbahasa sebaik
mungkin.
4. Adakah
manfaat yang Anda peroleh setelah membaca wacana itu?
Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Ada, manfaat yang saya peroleh setelah membaca wacana tersebut yaitu:
Jika ada, tulislah semua manfaat yang dapat Anda petik darinya.
Ada, manfaat yang saya peroleh setelah membaca wacana tersebut yaitu:
a) Menambah pengetahuan baru tentang guru
b) Menumbuhkan semangat untuk mencari tahu
informasi tentang guru dan cara mengajar yang baik.
c) Memberikan inspirasi untuk terus belajar sebaik
mungkin, sehingga mampu menjadi guru yang baik dan juga hebat.
Comments
Post a Comment